Pages

Thursday, November 21, 2013

COP19 Warsawa : Indonesia Paparkan Inisiatif Hijau Dalam Kawasan Hutan Produksi dan Hutan Lindung

indonesiacop19.com - Warsawa, Polandia - Delegasi Indonesia menyelenggarakan sesi seminar bertema "Green Initiatives on Protected Forest, Production Forest and National Parks", yang diselenggarakan di booth Pavilion Indonesia pada area konferensi perubahan iklim COP-19/CMP-9 UNFCCC di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia pada Jumat (15/11/2013).


Staf Ahli Menteri Kehutanan bidang lingkungan dan perubahan iklim, Yetti Rusli usai seminar tersebut mengatakan Seminar menghadirkan narasumber dari Kelompok Kerja Perubahan Iklim Kementerian Kehutanan dan stakeholder terkait seperti Artha Graha Peduli membahas tentang inisiatif hijau pada kawasan hutan konservasi dan hutan lindung, termasuk usaha konservasi kawasan dan spesies.

Dalam seminar tersebut dijelaskan mengenai contoh inisiasi hijau pada Kawasan konservasi Taman Nasional Tambling, Lampung dengan fauna konservasi antara lain Harimau Sumatra. disana konsentrasi fauna harimau sumatara, dikaitkan ekosistem yang dipelihara, sehingga juga memelihara karbon stok.

Juga dijelaskan mengenai hutan produksi dengan pengelolaan berkelanjutan dari kawasan gambut sehingga bisa menjaga karbon stok pada kawasan hutan di Giam Siak Kecil, Riau, Indonesia.

Sedangkan dari Kementerian Kehutanan menjelaskan mengenai contoh pelibatan masyarakat dalam proyek konservasi dan mitigasi perubahan iklim yaitu di Bangkalan Madura, dimana masyarakat diajak untuk menanam pohon Kaliandra Merah, untuk diolah menjadi pelet kayu bakar. (NR Fajar)

0 comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar :) terimakasih sudah berkunjung ke forestforlife.web.id